Bapeten : Manfaat Tenaga Nuklir Sangat Besar Sebagai Energi Alternatif

SEMARANG (Asatu.id) – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Napeten) terus melakukan upaya pemahaman, terkait manfaat tenaga nuklir bagi masyarakat, sebagai energy alternatif.

Kali ini, Bapeten menggandeng Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah untuk mensosialisasikan manfaat dari energy nuklir.

Kepala Bapeten, Jazi Eko Istianto mengatakan hingga saat ini sebagian besar masyarakat masih taku dan menganggap energy nuklir merupakan energy yang berbahaya. Hal itu menunjukan bahwa ketidak tahuan masyarakat akan manfaat energy nuklir masih tinggi.

“Sebagian besar masyarakat cenderung takutn bahwa energy nuklir dapat mengeluarkan radiasi berbahaya, yang dapat menimbulkan penyakit,” katanya, saat menggelar konferensi pers pada acara Bapeten Safety and Security Awards (BSSA) di Novotel Semarang, Rabu (10/10).

Olehkarena itu, saat ini pihaknya tersu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan menggandeng organisasi masyarakat seperti ormas islam Nu dan Muhammadiyah.

“Tujuanya ya untuk memberikan pemahaman terkait dengan pemanfaatan energy nuklir. Sehingga masyarakat tidak lagi berfikir negative atau takut terhadap energy nuklir,” katanya.

Lebih lanjut, Jaiz mengungkapkan, jika dimanfaatkan dengan benar, energy nuklir memiliki manfaat yang sangat besar untuk keberlangsungan hidup manusia. Salah satu pemanfaatan tenaga nuklir yang saat ini sudah dilakukan yakni pemanfaatan dalam bidang kesehatan.

“Di bidang kesehatan, tenaga nuklir saat ini sudah digunakan seperti untuk keperluan radiologi, mendiagnosa penyakit. Selain kesehatan juga dapat dimanfaatkan untuk industri, pertambangan,” ungkapnya.

Tag.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *