Pedagang Pasar Ikan Siap Bangun Kios Sendiri Jika Kembali ke Kawasan Kota Lama

SEMARANG (Asatu.id) – Pedagang pasar ikan hias Semarang siap bangun kios secara swadaya apabila mereka diijinkan kembali ke tempat semula yakni di Jalan Agus Salim, setelah revitalisasi kawasan Kota Lama Semarang telah selesai.

Budi, salah satu pedagang mengungkapkan pada dasarnya mereka mendukung proyek revitalisasi Kota Lama yang mencakup pembangunan saluran di pasar ikan hias tempatnya berjualan. Namun mereka menginginkan untuk kembali ke tempat yang telah dipakainya berjualan selama 30 tahun tersebut, Budi juga menegaskan jika para pedagang siap untuk membangun sendiri kiosnya.

“Kami mau dan mendukung kalau memang mau ada pembangunan, kami pun siap jika dipindahkan sementara. Namun dengan catatan setelah proyek selesai, kami boleh kembali ke sini bahkan siap membangun sendiri,” kata Budi ditemui di kiosnya di Pasar Ikan Hias Semarang baru-baru ini.

Rencananya para pedagang akan kembali melakukan audiensi dengan DPRD Kota Semarang untuk meminta kejelasan mengenai nasib mereka setelah relokasi. Menurut para pedagang kembalinya pasar ikan akan menjadi nilai tambah wisata kawasan Kota Lama Semarang, pasalnya pasar ikan hias tersebut telah berdiri sejak tahun 1991 dan dapat menjadi salah satu ikon kota Semarang.

“Pasar ini ibaratnya ikon Semarang, dan bisa menjadi obyek wisata pendukung Kota Lama jika revitaliasi sudah selesai,” ungkapnya.

Para pedagang sendiri rencananya, akan direlokasi ke Pasar Dargo yang letaknya cukup dekat dengan Pasar Ikan Hias yang berada di Jalan Agus Salim, ungkap Wakil Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu, kemudian akan dilakukan penataan yang baik agar para pedagang maupun pembeli nyaman melakukan transaksi.

”Lokasi Pasar Dargo tidak terlalu jauh dengan pasar Ikan Hias. Kalau pedagang kembali ke tempat lama, akan dilakukan penataan yang baik agar tidak kumuh,” ujar Wakil Walikota Semarang yang kerap disapa Mbak Ita tersebut, beberapa waktu lalu saat mengunjungi Kota Lama Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *