Terima SIKD, Jateng Siap Optimalkan Sistem Kearsipan Terpadu

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional RI (ANRI).

Aplikasi tersebut diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman, kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah, Budi Wibowo, di Ruang Rapat Lantai III Gedung A Kantor Gubernur Jateng, Senin (1//10).

Deputi Andi Kasman mengatakan, SIKD diserahkan sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Melalui Perpres tersebut, ANRI diharapkan meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dinamis yang efektif, efisien, melalui penerapan teknologi dan komunikasi, salah satunya, arsip elektronik atau e-arsip.

Ditambahkan, SIKD akan bisa mempercepat penciptaan arsip surat karena bisa diakses melalui gadget. Jadi, setiap pimpinan SKPD dapat mengakses, membuat disposisi, dan seterusnya, secara elektronik melalui gadget. Sehingga tidak ada lagi delaydalam pendistribusian surat.

Penerapan SIKD, menurutnya, sejalan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 061/9454/SJ tanggal 29 Desember 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Andi mengungkapkan, SIKD menjadi dasar penciptaan arsip elektronik yang saat ini bisa dijadikan alat bukti di pengadilan, sesuai Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Asisten Administrasi Setda Prov Jateng Budi Wibowo mengapresiasi pemberian aplikasi SIKD dari ANRI. Menurutnya, aplikasi itu akan membantu mengoptimalkan pelayanan kearsipan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Arpus Jateng Muhamad Masrofi SSos MSi berharap aplikasi SIKD itu bisa mengoptimalkan sistem kearsipan terpadu di seluruh dinas, biro, dan badan di jajaran Pemprov Jateng, karena sebelum mendapatkan hibah SIKD, sistem kearsipan terpadu yang dilakukan belum terlalu optimal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *