Festival Karimunjawa akan Digelar Setiap Tahun

SEMARANG (Asatu.id) – Berkaca pada penyelenggaraan Festival Karimunjawa 2018 yang sukses, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah berharap event itu bisa terselenggara setiap tahun.

Sebelumnya telah digelar berbagai kegiatan sejak 20-30 September 2018, yang didahului dengan kegiatan pra festival. Misalnya perlombahan yang berkaitan dengan bahari, festival budaya, sport tourism dan pameran.

Menjelang akhir acara, yakni pada Sabtu, 29 September 2018, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan program Festival Karimunjawa di Alun-alun Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Urip Sihabuddin, mengatakan Festival Karimunjawa digelar sebagai salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan wisatawan di kepulauan tersebut.

Dengan gelaran festival, Urip berharap para wisatawan nusantara dan mancanegara bisa mengetahui realita tentang kelebihan Karimunjawa sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi.

“Harapannya wisatawan bisa lebih lama tinggal di Karimunjawa. Tidak seperti selama ini yang hanya 2-3 hari, maka kita dorong agar lebih lama lagi, sehingga akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat,” kata Urip.

Pergelaran seni dan even-even di Karimunjawa, lanjut Urip, dilakukan untuk memikat wisatawan lebih kerasan di Karimunjawa. Tidak hanya disuruh melihat pantai, tetapi disuguhi yang lain juga. Misalnya adanya Festival Barikan Kubro atau festival yang lain.

“Tahun depan harapan kami evennya lebih banyak lagi,  sehingga wisatawan juga bisa lebih lama menikmati kunjungan,” tegasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *