Dongkrak Kunjungan Wisata, Sumut Adakan Acara Ayo ke Toba

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Sumatera Utara (Sumut) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membuka acara Ayo ke Toba guna mempromosikan wisata Sumatera Utara khususnya Danau Toba di Atrium Paragon City Mall, Jumat (28/9).

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumatera Utara, Mukhlis menyatakan Kota Semarang merupakan daerah potensial untuk mendongrak kunjungan wisata ke Danau Toba dan kawasan Sumatera Utara.

Menurut Mukhlis, meski penerbangan langsung dari Semarang saat ini belum tersedia namun pembukaan Bandara Silangit yang lokasinya cukup dekat dengan Danau Toba dapat memotong waktu perjalanan wisatawan.

“Semarang merupakan pasar potensial, meski belum ada penerbangan langsung ke Sumatera Utara namun perlu digarap dengan baik , apalagi Bandara Silangit ada 5 penerbangan reguler dari Jakarta,” terang Mukhlis.

Dikemukakan Mukhlis, jika tahun ini Pemerintah Daerah Sumatera Utara mematok target wisatawan yang datang ke Danau Toba sebanyak 12 juta wisatawan dan Jawa Tengah elah menyumbang kurang lebih 45.000 wisatawan.

“Wisatawan asal Jateng ada sekitar 45 ribu jiwa dan cukup mendominasi. Kami menawarkan beberapa tempat wisata eksotis seperti Danau Toba, Pulau Samosir dan mengenalkan makanan khas Sumatera Utara,” ujarnya.

Melalui pertimbangan jumlah wisatawan tersebut, Pemerintah Sumatera Utara memilih Semarang sebagai salah satu kota untuk mempromosikan wisatanya. Acara Ayo ke Toba sendiri diikuti oleh 17 agen perjalanan serta 13 hotel yang berada di Sumatera Utara untuk menawarkan variasi paket wisata dengan harga bersaing bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *