‘Sayang Sayung’, Lindungi Hutan Demak Tanam 1.044 Mangrove

SEMARANG (Asatu.id) – Start-up Lindungi Hutan bekerjasama dengan @demakhariini melaksanakan penanaman mangrove di Desa Bedono Kecamatan Sayung Minggu (23/9). Penanaman dengan #MeluNandur dan #SayangSayung itu diikuti oleh sekitar 80 peserta meliputi pihak Lindungi Hutan, Relawan Lindungi Hutan dan masyarakat umum.

“Tujuan penanaman ini adalah untuk mengajak masyarakat gotong royong di daerah masing-masing. Konsep bukan hanya ditanam tetapi juga dirawat penduduk setempat di mana pohonnya perawatannya akan diupdate di website. Jadi teman-teman bisa tahu perkembangan pohon yang ditanam,” ujar Hario Laskito Ardi CEO Lindungi Hutan.

Sebanyak 1.044 bibit mangrove ditanam di Dusun Senik, yang merupakan daerah kritis akan tanaman mangrove. Jumlah tersebut merupakan hasil yang diperoleh dari target 5.000 pohon yang merupakan hasil donasi dari masyarakat melalui situs Lindungi Hutan.

“Donasi 5.000 per/pohon ini untuk bibit, ajir, tenaga penanaman dan gaji selama setahun untuk salah satu warga yang melakukan pembibitan,” tambahnya.

Sementara itu, Hario menambahkan, pohon-pohon yang ditanam itu nantinya dapat dipantau melalui webiste Lindungi Hutan. Hal itu dipantau pula emisi karbon yang dihasilkan dan CO2 yang diserap pohon untuk menghasilkan oksigen.

“Jadi konsep dari relawan, konsep dari teknologi yang ingin kita kolaborasikan dengan gotong royong masyarakat ini dapat kita tidaklanjuti lebih jauh,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *