Layanan Online untuk Tepis Imej Buruk Kinerja ATR BPN

SEMARANG (Asatu.id) – Kementerian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) mulai melakukan banyak perbaikan, salah satunya melalui pelayanan online.

Cara itu akan menghapus imej tentang kinerja lembaga pertanahan masa lalu bahwa mengurus dokumen agraria lekat dengan imej sulit dan melelahkan.

“Penerapan pelayanan yang terintegrasi dalam online single submission sudah kita mulai untuk pelayanan izin lokasi, pertimbangan teknis pertanahan, informasi rencana detail tata ruang dan pengaturan zonasi. Ke depan kita berharap agar semua jenis pelayanan bisa dilakukan dengan elektronik,” kata Menteri Agraria Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Pernyataan Sofyan Djalil disampaikan lewat sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat menjadi Irup Hari Agraria dan Tata Ruang 2018, di Kantor BPN Kanwil Jateng, Senin (24/9).

Dia berharap, ke depan semua jenis layanan agraria bisa dilakukan dengan elektronik. Untuk itu, inovasi sangat diperlukan untuk mewujudkannya.

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, di Jawa Tengah, kerja sama antara Pemprov Jateng dan ATR BPN terjalin dengan baik. Sehingga, beberapa daerah di Jateng dijadikan contoh nasional. Salah satunya Kabupaten Grobogan

“Imej, performa Kementerian Agraria Tata Ruang-BPN hari ini lagi pada posisi yang bagus. Saya titip karena tidak dalam kewenangan saya, mari kita bekerja sama. Di Jawa Tengah kami punya semboyan layanan yang mudah, murah, cepat (untuk melayani masyarakat), transparan, dan akuntabel (internal instansi),” pintanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *