Kota Semarang Kembangkan Pariwisata Menggunakan Medsos

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Kasturi (ida/Asatu.id)

SEMARANG (Asatu.id) – Majunya dunia teknologi informasi saat ini dimanfaatkan dengan sangat baik untuk mendukung segala bentuk kegiatan maupun aktivitas. Bahkan, kinipun pemanfaatan media sosial (Medsos) juga digunakan untuk pengembangan pariwisata, seperti yang kini dilakukan Pemkot Semarang.

Hal tersebut juga seperti yang paparkan oleh Asisten Deputi Strategi Komunikasi dan Pemasaran II Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran yang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemahaman Branding Wonderful Indonesia dan Konten Marketing di Hotel Dafam, Senin hingga selasa (18/9).

Bimtek dilaksanakan dalam rangka pengembangan potensi pariwisata daerah dengan memaksimalkan pemasaran.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Kasturi mengungkapkan, setidaknya ada tiga cara yang dilakukan untuk mengembangkan pariwisata di Kota Semarang meliputi pemaksimalan potensi, aplikasi dan media sosial (medsos).

Segi potensi, Ia menjelaskan, potensi pariwisata Kota Semarang cukup banyak baik wisata budaya, alam maupun kuliner. Hal itu menurutnya dapat menjadi salah satu strategi dalam menjadikan Kota Semarang untuk menjadi salah satu kebijakan destinasi wisata.

“Dari situlah kita membuat strategi dimulai dari kebijakan. Kebijakan Pemerintah Kota Semarang adalah memantapkan semarang menjadi daerah tujuan wisata, caranya membuat perda tentang rencana induk pengembangan pariwisata,” terangnya.

Segi aplikasi, Ia menjelaskan, pengembangan dilakukan bekerjasama dengan berbagai stakeholder, baik instansi pemerintah maupun pegiat pariwisata Kota Semarang.

“Stakeholder misalnya untuk mereka-mereka ini terlibat menggunakan pariwisata di Kota Semarang, kemudian kedua kita bekerjasama dengan pegiat pariwisata di Kota Semarang mereka bekerja untuk kemajuan pariwisata Kota Semarang,” terangnya.

Sementara itu, ia menegaskan untuk yang ketiga, pihaknya menekankan pada generasi muda untuk menggunakan media sosial. Hal itu karena menurutnya saat ini media sosial memiliki peran penting khususnya dalam pengembangan pariwisata di Kota Semarang secara lebih luas.

“Medsos untuk generasi muda juga penting untuk mengembangkan pariwisata di Kota Semarang dan lebih banyak lagi. Selain itu secara internasional kita juga melakukan kerjasama dengan berbagai negara seperti Australia, China, Jepang dan negara-negara lainnya supaya antara wisatawan nusantara dengan wisatawan mancanegara itu sama-sama tertarik datang ke kota semarang,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *