Onno W Purbo: Melek Teknologi Jangan Hanya Jadi Konsumen

SEMARANG (Asatu.id) – Pakar Teknologi dan Informasi Indonesia, Onno Widodo Purbo mengungkapkan dalam hal teknologi dan informasi, generasi muda Indonesia perlu beranjak dari konsumen menjadi produsen.

“Meski generasi muda sekarang sudah melek teknologi, tapi mayoritas sekadar sebagai pengguna. Ini sangat disayangkan,” ujar Onno Widodo Purbo usai mengisi seminar nasional start up bertajuk ’Membangun Generasi Muda yang Inovatif dan Solutif’. di Universitas Stikubank Semarang, Jumat (14/9).

Onno mengakui selama ini generasi muda hanya jadi konsumen. Padahal, lanjut dia, mereka bisa mendapat keuntungan apabila berperan sebagai produsen.

Dengan menjadi produsen dalam bidang teknologi dan informasi, menurut Onno, masyarakat Indonesia akan memperoleh pendapatan, sehingga mampu menambah devisa negara.

“Jika devisa masuk ke Indonesia, harapannya tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kalau kita jadi produsen, kita dapat duit. Dapat duit akan menambah devisa dan tambahan devisa kita bisa hidup lebih enak,” imbuh aktivis Linux tersebut.

Dia mengemukakan jika mencetak para produsen di bidang teknologi bukan tidak mungkin, namun perlu pendidikan di kampus-kampus. Malalui materi-materi seperti ini, pihaknya optimistis dapat membantu para mahasiswa sebagai arahan setelah lulus kuliah.

“Materi seperti ini dapat menambah wawasan mahasiswa. Jika mereka sadar, acara seperti ini bisa menjadi arahan akan ke mana mereka setelah lulus,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *