Kepsek SMA N 6 Semarang: Membaca Latih Konsentrasi

Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Semarang memaparkan program kerja sekolah kepada orang tua murid

 SEMARANG (Asatu.id) – Kepala sekolah (Kepsek) SMA N 6 Semarang, Lukita Yuniati mengingatkan pentingnya budaya membaca pada anak. Dengan membiasakan membaca, anak dapat meningkatkan konsentrasi belajar di dalam kelas.

“Membaca itu butuh konsentrasi, konsentrasi itu butuh latihan. Jika anak dibiasakan membaca, akan dilatih konsentrasinya sehingga pemahaman terhadap materi akan lebih mudah,” ujar Lukita saat ditemuai seusai pertemuan orang tua murid, di kantornya, Jalan Ronggolawe No. 4, Semarang, Rabu (5/9).

Menurut Lukita, jika anak dibiasakan membaca dan dilatih berkonsentrasi, pemahaman terhadap materi pelajaran dengan mudah dapat diserap.

Menyadari pentingnya budaya literasi tersebut, lanjut dia, SMA N 6 Semarang dalam waktu dekat akan meluncurkan perpustakaan digital untuk murid dan guru. Perpustakaan digital ini telah dipaparkan pada acara sosialisasi progran kerja sekolah, kemarin.

Dia berharap adanya perpustakaan digital ini siswa-siswi SMA Negeri 6 Semarang dapat meningkatkan minat literasi mereka. Hal ini diupayakan dengan adanya laporan kegiatan membaca para siswa kepada orang tua murid, serta dapat menjadi masukan bagi sekolah dalam menambah koleksi buku yang digemari siswa.

“Jadi dengan adanya catatan aktivitas literasi siswa di perpustakaan online, sekolah dapat mempertimbangkan buku-buku apa saja yang digemari siswa, sehingga dapat dimasukkan dalam koleksi perpustakaan,” papar Lukita. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *