Jumlah TPS Pemilu 2019 akan Bertambah Jadi 115.186

SEMARANG (Asatu.id) – Meningkatnya jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 di Jawa Tengah, mengharuskan KPU Jateng bekerja lebih keras lagi. Termasuk menyiapkan tambahan tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT Pemilu Tahun 2019 Tingkat Provinsi di Hotel Oak Tree Emerald Semarang,  Kamis (30/8), Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyampaikan jumlah DPT mencapai 27.430.269 jiwa, naik 361 ribu dibandingkan dengan Pilgub Jateng beberapa waktu lalu, yang berjumlah 27.068.125 jiwa.

Dengan kenaikan jumlah DPT, maka jumlah TPS juga mengalami kenaikan, yakni menjadi 115.186. Jumlah kenaikannya cukup signifikan, karena pada gelaran pilgub lalu jumlah TPS hanya sekitar 60 ribu.

“Sesuai dengan Undang-undang KPU, satu TPS bisa digunakan maksimal untuk 300 pemilih. Sehingga kalau berdasarkan geografis, ada kabupaten/kota yang cukup tinggi. Contohnya Kabupaten Brebes yang TPS-nya bisa sampai 6 ribu lebih,” kata Joko.

Kenaikan jumlah pemilih dan jumlah TPS akan menjadi pekerjaan rumah bagi KPU. Namun Joko juga menyebut kenaikan itu juga berimbas pada pekerjaan partai politik sebagai peserta pemilu.

Menurut Joko Purnomo, Parpol akan menjadi semakin berat tugasnya untuk bisa mengelola seluruh TPS yang jumlahnya ratusan ribu. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *