Lomba Wirausaha Jadi Ajang Inovasi Siswa

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak tiga puluh siswa mengikuti lomba wirausaha di SD Bangetayu Wetan 02, Selasa (28/8). Lomba yang diikuti oleh seluruh SD se-Kecamatan Genuk itu merupakan perwakilan tiap sekolah baik putra maupun putri.

“Pesertanya ada 15 anak untuk putra, begitu juga putri. Tiap satu sekolah ada perwakilannya. Harapannya anak-anak itu nanti bisa memiliki keterampilan sendiri, bisa mandiri, memiliki usaha sendiri,” Ujar Istiqomah, Juri dari SD Gayamsari 03.

Ia mengatakan, dengan lomba kewirausahaan yang diikuti siswa kelas lima maupun enam itu anak-anak nantinya dapat mulai berwirausaha. Meskipun awalnya anak-anak itu merasa kesulitan dalam hal-hal tertentu, namun hal tersebut menjadi salah satu pembelajaran agar siswa dapat mandiri.

“Kesulitan anak-anak di sini karena pakai kompor minyak tanah. Kejadian tadi ada yang tidak nyala, suhunya habis, jadi harus cari kompor lagi. Lomba kewirausahaan ini intinya anak-anak itu nantinya bisa berwirausaha. Jadi dibentuk mulai dari dasar. Artinya nanti sudah ada yang berhasil,” terangnya.

Sementara itu, Suratna salah satu guru SD Bangetayu Wetan 02 yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Penyelenggara acara menambahkan, lomba kewirausahaan itu bertujuan untuk pembentukan karakter pada anak. Hal itu salah satunya melalui nuansa lomba islami dan ide-ide lomba yang inovatif.

“Tujuan Lomba ini aalah untuk pembentukan karakter khususnya pada anak.  Anak membuat karya makanan dan minuman juga menyajikan terus juga membuat hasil cipta karya anak yaitu kreatif masing-masing ada yang menggunakan bahan limbah atau menjadi bahan bernilai tinggi, ada yang membuat inovatif yang sekarang itu sifatnya penemuan,” terangnya.

Adanya lomba itu Suratna berharap siswa dapat menerapkan karakter-karakter yang baik, terlebih dapat menemukan inovasi-inovasi baru yang nantinya dapat berguna.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *