Tukar Guling, Solusi Sediakan Lahan untuk Bangun 1000 Embung

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jateng terus genjot pembangunan seribu embung untuk mengatasi kekeringan di Jawa Tengah. Meski proses penyediaan lahan masih menjadi kendala, namun pemerintah memiliki solusi, seperti tukar guling untuk merealisasikan program tersebut.

Kepala Bidang Irigasi Air Baku Dinas PUSDATaRu Jateng Ir Ketut Arsa Indra Watara mengatakan, jika lahan tersebut bukan milik pemerintah akan ada beberapa proses, meskipun cukup memakan waktu. Caranya, dilakukan dengan tukar guling dengan lahan lain milik pemerintah agar aset daerah tidak hilang.

“Memang prosesnya agak panjang, sehingga kita ingin berlari kencang agar pembangunan tetap berjalan,” ujar Ketut pada Diskusi Prime Topic Goes to Campus yang digelar MNC Trijaya FM Semarang dengan tema

‘Mengakhiri Kekeringan’, di Gedung Kerja Sama, Polines Semarang, Senin (27/8).

Ketut menambahkan apabila tanah yang akan dibangun embung tersebut adalah milik kabupaten, Pemprov akan memberikan desain untuk mempercepat pembangunan.

Apabila daerah tersebut memiliki dana, lanjut dia, dapat dilakukan peminjaman anggaran melalu APBD Kabupaten. Namun jika anggaran belum mencukupi akan ada bantuan dana dari Pemerintah Provinsi untuk kabupaten.

“Kalau itu kewenangan tanah milik provinsi, no problem. Itu yang sudah kita bangun selama ini,” ujar Ketut. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *