BPBD Siap Bantu Masyarakat yang Belum Miliki Instalasi Air

SEMARANG (Asatu.id) – Kasi Rehabilitasi, Koordinasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Semarang, So’im mengatakan, pihaknya akan mengupayakan bantuan air bersih untuk masyarakat yang terkena bencana kekeringan, terutama untuk daerah yang belum memiliki instalasi air. Ia menjelaskan, bantuan tersebut diberikan sebagai pelengkap upaya PDAM dalam mengatasi krisis air bersih di Kota Semarang.

“Kaitannya dengan kekeringan, khususnya air bersih di Kota Semarang ini sudah beberapa tahun ini berupaya dengan PDAM yang mana BPBD sifatnya adalah koordinator untuk membantu di sela-sela. Karena kalau itu sudah ada instalasi PDAM, berarti kita kewenangannya itu ada PDAM, kecuali kalau yang belum ada instalasi di PDAM kita bantu,” tuturnya, di Semarang, Selasa (21/8).

Meskipun begitu, Ia memaparkan, bantuan tersebut tidak terkhusus untuk daerah yang belum memiliki instalasi air saja. Dalam keadaan tertentu, lanjutnya, bantuan juga akan diberikan untuk masyarakat yang benar-benar krisis terhadap air bersih.

“Tapi tidak menutup kemungkinan bagi yang sekiranya sudah ada instalasi PDAM tetapi karena secara insidentil ada kekurangan barangkali secara insidentil kita bantu. Jadi antara kewenangan PDAM itu yang bagaimana, kewenangan BPBD bagaimana, supaya ada pemahaman yang khusus,” jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada delapan titik yang telah menerima bantuan air bersih dari BPBD. Titik tersebut meliputi, Rowosari, Mangunharjo, Jabungan, Sadeng, Deliksari, Sukorejo, Kedung Mundu dan Bandanharjo. Ia mengungkapkan, di antara delapan titik itu, ada satu daerah yang belum terselesaikan bantuannya, yakni untuk RT 4 Kelurahan Rowosari.

“Untuk sekarang ada beberapa titik, khususnya Rowosari, tahun kemarin ada beberapa RW tapi sekarang sudah tinggal satu RW tidak seluruhnya RT, tetapi tinggal RT 4 ini saja,” terangnya.

Ia berharap, masyarakat saat ini sudah ada kemauan untuk menyambung instalasi dari PDAM, sehingga pihknya menginginkan tugas BPBD tahap demi tahap dapat terselesaikan. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *