Kemendikbud RI Gelar Pra Event Festival Gamelan Internasional di Blora

BLORA (Asatu.id) – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengadakan kegiatan Internasional Gamelan Festival (IGF), yang terpusat di Solo.

Sebelum gelaran acara itu, Kemendikbud juga mengadakan road show atau pra event IGF, yang digelar di beberapa daerah di Jawa Tengah, yakni Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Blora, dan Boyolali, mulai 12-16 Agustus 2018.

Kegiatan dengan tajuk “Anjangsana Kebudayaan” itu, dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata dan seni budaya, termasuk di Kabupaten Blora, Rabu (15/8).

Acara, dalam rangka pemajuan kebudayaan dan menumbuhkan ekosistem kebudayaan dalam sebuah masyarakat itu, dihadiri tidak hanya rombongan dari Kemendikbud, IGF, namun juga dari Site Performance International Gamelan Festival dari Amsterdam, Belanda.

Sesampainya di Pengeboran Minyak Tradisional di Kabupaten Blora, rombongan yang berjumlah 70 orang lebih tersebut, disambut dengan penampilan dari seni pertunjukan Barongan.

Para pelaku seni Barongan yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa itu, disambut meriah, baik oleh wisatawan asing, dari Site Performance International Gamelan Festival dari Amsterdam, Kemendikbud, dan IGF, serta awak media.

“Menarik sekali ya pertunjukan ini, karena saya juga baru saja melihatnya. Apalagi, yang memainkan alat musik gamelan itu anak-anak, jadi saya senang sekali. Saya sebelumnya sudah mendengar Barongan itu apa, namun baru kali ini menyaksikan secara langsung, bagus sekali,” kata pimpinan dari Site Performance International Gamelan Festival dari Amsterdam, Elsje Plantema, yang juga pimpinan kelompok seni Wido Sari Amsterdam. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *