Besok, 167 Anggota Bawaslu Kota dan Kabupaten se-Jateng Dilantik di Jakarta

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak 167 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat kabupaten/kota se Jawa Tengah akan dilantik Bawaslu RI di Jakarta, Rabu (15/8). Mereka terdiri dari 135 laki-laki dan 32 orang perempuan.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Fajar Saka menyebutkan, sebanyak 167 itu tersebar di 35 kabupaten/kota dengan jumlah keanggotaan antara tig hingga lima orang.

“Ada empat daerah yang keanggotaannya berjumlah tiga orang, yaitu Kota Magelang, Kota Salatiga, Kota Pekalongan dan Kota Tegal. Sedang 31 kabupaten lainnya, keanggotaan Bawaslu masing-masing sebanyak lima orang,” katanya, Selasa (14/8).

Fajar menuturkan, jumlah anggota Bawaslu didasarkan pada kondisi geografis dan kependudukan di masing-masing kabupaten/kota sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Sebelumnya, jumlah pendaftar calon Bawaslu di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mencapai 1.324 orang. Mereka harus melalui beberapa tahapan tes dan seleksi sampai akhirnya terpilih dan siap dilantik Bawaslu RI.

Seleksi perekrutan Bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah berlangsung pada pertengahan tahun ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa kelembagaan Bawaslu kabupaten/kota yang semula berstatus lembaga ad hoc (sementara), kini harus berstatus permanen dengan masa kerja selama lima tahun. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *