Senin Digelar Serentak, Ombudsman Jateng Ikut Awasi Pilperades Sragen

SEMARANG (Asatu.id) – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jateng, akan mengawasi proses pemilihan perangkat desa (Pilperades) di Kabupaten Sragen yang akan berlangsung serentak di 192 desa, mulai Senin (6/8).

Kepala ORI Jateng, Acim Dartasim menegaskan, sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman akan turut mengawasi proses pilperades untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan atau maladministrasi selama pelaksanaan.

”Senin besok proses penjaringan pemilihan perangkat desa memasuki tahap seleksi tertulis dan kompetensi. Harapan kami masyarakat Sragen bisa turut mengawasi, menegur, bahkan melaporkan ke Ombudsman apabila terjadi kecurangan atau maladministrasi,” kata Acim, Minggu (5/8).

Pengawasan masyarakat secara optimal, menurut Acim, dapat membantu mewujudkan penjaringan perangkat desa yang bersih, bebas kecurangan dan maladministrasi.

Di sisi lain, lanjut Acim, peserta diimbau supaya mengikuti proses penjaringan dengan tertib dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. Sedang pihak panitia diharapkan membuka pelayanan pengaduan dan menindaklanjuti laporan atau aduan yang masuk terkait penjaringan.

“Proses penjaringan harus dilaksanakan sesuai tahapan, prosedur, dan ketentuan perundang-undangan. Apabila masyarakat menemukan potensi maladministrasi, jangan takut untuk mencegah, misalnya dengan menegur. Jika terjadi kecurangan juga bisa disampaikan ke panitia pengawas di tingkat kecamatan dan desa,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *