Komisioner KIP Zainal Petir Tuntut Transparansi Dana Parpol

SEMARANG (Asatu.id) – Lima komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah periode 2018-2022 dilantik Gubernur Ganjar Pranowo, Jumat (3/8). Mereka adalah Zainal Abidin Petir, Sosiawan, Dr. Wijaya, F.X. Handoko Agung, dan Slamet Hariyanto.

Dari lima komisioner tersebut, tiga di antaranya merupakan petahana, yakni Zainal Abidin, Sosiawan, dan Handoko Agung Saputro. Sedang komisioner yang baru adalah Wijaya dan Slamet Haryanto.

Salah satu komisioner, Zainal Abidin Petir, memaparkan banyak tugas yang harus dijalani para komisioner KPI. Salah satunya adalah memberikan informasi secara transparan terkait dana partai politik.

“Selama ini dana partai politik sangat besar dan sebagian itu milik rakyat. Jadi harus transparan. Nah, selama ini akses ke situ (informasi dana parpol) belum diperoleh publik,” tutur Zainal.

Dana parpol, menurut Zainal, semestinya bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan bagi masyarakat. Apalagi, sesuai kegunaannya dana parpol dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng diperuntukkan bagi pendidikan politik, seperti seminar, lokakarya, dan lain-lain.

“Apalagi setelah tadi saya tanyakan ke Kesbangpol ternyata mereka peroleh dana sekitar Rp18 miliar. Jumlah yang sangat besar dan publik harus tahu kegunaannya,” tukasnya.(bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *