Dispermadesdukcapil Jateng Kebut Perekaman Data dan Pencetakan E-KTP

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi (Dispermadesdukcapil) Jawa Tengah terus mengebut perekaman data dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di 35 kabupaten/kota.

Percepatan ini dilakukan untuk membekali masyarakat yang akan berpartisipasi dalam pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan dewan perwakilan daerah (DPD) yang dihelat pada 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan Pemprov Jateng telah mengeluarkan surat edaran percepatan rekam data E-KTP pada seluruh pemerintah kabupaten/kota.

Pada surat yang ditujukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di 35 kabupaten/kota tersebut, lanjut dia, pemprov meminta masing-masing daerah agar melakukan percepatan dan melaporkan data terakhir perekaman dan pencetakan E-KTP per akhir Agustus.

Dia mengakui ribuan penduduk Jawa Tengah hingga kini ada yang belum memiliki E-KTP. “Tercatat 142.000 warga Jateng yang belum melakukan perekaman E-KTP,” tambahnya, kemarin.

Tersendatnya pembuatan E-KTP, menurut dia, lantaran banyak penduduk Jateng yang bekerja dan belajar luar kota maupun luar pulau. Dia berharap warga Jateng agar memperhatikan dan peduli untuk mengurus pembuatan E-KTP, mengingat kartu tanda pengenal ini sangat bermanfaat bagi pemiliknya.

“E-KTP tidak Cuma untuk keperluan nyoblos pemilu saja, tapi bisa untuk mengurus keperluan administratif lainnya. Saya minta warga tidak menyepelekan masalah pembuatan E-KTP ini,” pintanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *