Kawal Pilkada Serentak, Polda Jateng Dibantu TNI Terjunkan 30.000 Personel

SEMARANG (Asatu.id) – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah siap mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, termasuk Pilgub Jateng, Rabu (27/6). Polri menugaskan 21.000 personel dan dibantu 9.000 anggota TNI, sehingga total aparat menjadi 30.000 personel.

Bahkan sejak jauh-jauh hari jajaran kepolisian sudah menggelar Operasi Mantap Praja Candi, tapatnya sejak 5 Januari lalu dan akan berakhir 31 Juli 2018.

“Sementara dalam menyambut Pilkada serentak di Jawa Tengah, saat ini Polri memfokuskan pengamanan di area logistik, seperti kotak suara yang ada di tiap TPS,” kata Kepala Operasional Polda Jateng, AKBP Hariyanto.

Penegasan itu disampaikan AKBP Hariyanto saat menjadi narasumber acara Prime Topic di Hotel Getz, Semarang, yang mengangkat tema “Pilkada Damai”, Selasa (26/6). Tampil juga narasumber lain, komisioner Bawaslu Jateng, Ananingsih.

Bawaslu , menurut Ananingsih, untuk masa tenang saat ini memetakan tiga pengawasan. Di antaranya pengawasan pelanggaran kampanye di luar jadwal, pengawasan dugaan praktik politik uang, pengawasan netralitas ASN, dan pengawasan distribusi logistik.

“Dengan pengawasan ini, jangan sampai pas hari H pemilihan ada permasalahan distribusi. Kami akan melakukan pengawasan sampe masa penetapan Paslon,” papar Ananingsih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *