TPU Bergota akan Dipadati Peziarah Sampai H+7 Lebaran

SEMARANG (Asatu.id) Dua hari setelah Lebaran, tempat pemakaman umum (TPU) Bergota Semarang masih ramai dengan peziarah, bukan hanya warga Kota Lunpia saja. Banyak  yang berasal dari luar kota namun makam keluarganya berada di makam yang terletak di Jalan Kyai Saleh itu.

Ziarah di momen Lebaran atau lazim disebut nyekar di TPU Bergota memang sudah menjadi tradisi masyarakat, tetutama yang punya almarhum keluarga atau saudara yang jenazahnya di makamkam di sana.

Suasana ramai itu diprediksi masih akan berlangsung sampai H+7 Lebaran. Ratusan kendaraan dengan plat nomor luar kota setiap hari juga tampak di beberapa titik parkir. Mereka adalah para pemudik yang menyempatkan diri mengunjungi makam leluhurnya.

Pada H+7 Lebaran nanti, di kompleks TPU Bergota juga akan berlangsung haul Kiai Sholeh Darat, salah satu ulama besar Jawa yang makamnya ada di tempat itu.

Haul itu merupapakan tradisi yang sudah berjalan puluhan tahun. Umat muslim dari berbagai daerah datang dan berkumpul untuk mendoakan ulama kharismatik itu. Dengan duduk di sekitar makam Kiai Sholet Darat, para peziarah melantunkan doa tahmid dan tahlil, serta membaca surat-surat tertentu dari Alquran.

Karena banyaknya peziarah, terkadang sampai menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di kawasan Jalan Kyai Saleh dan meluber sampai perempatan Jalan Pandanaran dan Pekunden. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *