Cegah Mastitis pada Sapi Perah, Mahasiswa Undip Manfaatkan Daun Ubi Jalar Merah

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak tiga mahasiswa Undip menciptakan antiseptik herbal dari daun ubi jalar merah untuk meningkatkan produksi susu sapi perah. Dengan program IPO – Green yang digunakan mampu menekan penyakut Mastitis yang diderita oleh sapi perah.

Ketua tim IPO-Green, Muhammad Zainul Asror mengatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa antiseptik IPO-Green berbahan dasar ekstrak daun ubi jalar merah dengan konsentrasi 1% saja sudah terbukti efektif dalam menurunkan jumlah cemaran bakteri dalam susu dan tingkat peradangan pada jaringan interna kelenjar mammary.

“Penurunan jumlah bakteri dan sel radang terjadi setelah 5 hari pemakaian dan semakin menurun selama 10 hari penelitian. Jika dibandingkan dengan antiseptik komersial povidone iodine 10%, efektifitasnya adalah sama, baik sebagai antibakteri maupun antiradang,” katanya kepada Asatu.id, Sabtu (16/6).

Ia menambahkan, antiseptik yang diciptakan timnya tidak berpengaruh pada kesehatan sapi.

“Tidak ada penurunan pada produksi susu maupun kandungan nutrisi susu selama masa treatment menggunakan IPO-Green. Hal ini menunjukkan bahwa selain mampu menjaga kesehatan kelenjar mammary, IPO-Green juga dapat menjaga produktivitas sapi perah,” tambahnya.

Ia berharap, produknya dapat diterima oleh pemerintah dan industri peternakan.

“Kami berharap IPO-Green ini dapat digunakan sebagai acuan pemerintah maupun pelaku industri, baik sapi perah maupun kambing perah untuk memanfaatkan antiseptik herbal secara lebih luas,” pungkasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *