Demi Pemudik, Pemasangan Plat Baja Jembatan Kali Kutho Hanya Sementara

SEMARANG (Asatu.id) – Pemasangan plat baja (steel plate) pada jembatan gantung atau pelengkung Kali Kutho di perbatasan Kendal-Batang sifatnya sementara. Upaya itu dilakukan agar jembatan ini bisa menyambung untuk memperlancar akses tol Batang-Semarang.

Proyek Manajer PT Waskita Karya, Muhammad, memaparkan bahwa pemasangan plat baja itu mundur dari rencana awal karena adanya faktor kesulitan.

Sebelumnya jembatan itu direncanakan bisa dilewati arus mudik pada Rabu dinihari, namun ternyata Rabu pagi baru dimulai pemasangan plat baja. Sehingga jembatan dengan panjang 160 meter itu baru bisa difungsikan Rabu malam. Itu pun untuk satu lajur saja.

“Untuk pemasangan plat bajanya sendiri sepanjang 100 meter dengan lebar 5 meter atau seukuran badan mobil. Sifatnya hanya temporary atau sementara untuk kepentingan arus mudik, Lebaran. Kalau arus balik selesai, ya akan kami lepas lagi,” tutur Muhammad.

Nantinya, tambah Muhammad, setelah pelepasan plat baja itu akan dilanjutkan dengan pengecoran (deckslap) sesuai rencana. Jembatan gantung itu akan menjadi ikon ruas tol Batang-Semarang.

“Jembatan Kali Kutho dirangkai menggunakan kekuatan kabel gantung (hanger wire stregth) dengan ciri Arch Steel Box. Ini akan menjadi landmark-nya atau ikonnya Tol Batang-Semarang, dan hanya ada satu-satunya di Indonesia,” tuturnya. (is)

 

15

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan