Khataman Quran akan Tutup Rangkaian Kegiatan Ramadan MAJT

SEMARANG (Asatu.id) – Khataman Alquran dan doa Khotmil Quran, akan mengakhiri rangkaian kegiatan Ramadan 1439 H di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (13/6) malam ini.

Khotmil quran pada malam terakhir atau tanggal 29 Ramadan tersebut merupakan tradisi di masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah atau Semarang itu.

Tiga orang imam MAJT akan memimpin acara itu, yakni KH. Ulil Abshor AH, KH Zaenuri Ahmad AH, dan KH Ahmad Thoha AH.

“Ini tradisi yang sudah kami laksanakan sejak tarawih pertama kali di MAJT tahun 2005, sebagai pertanda penutupan rangakaian kegiatan selama Ramadan,” kata  Ketua Bidang Peribadatan MAJT Drs. KH. Ahyani MSi.

Di samping kegiatan di atas, kegiatan lain yang akan menutup Ramadhan tahun ini adalah pengamatan wujudul hilal yang akan dilakukan tim dari Kemenag Jawa Tengah dan Tim Hisab Rukyat Masjid Agung Jawa Tengah di Menara Al Husna pada Kamis (14/6) jam 16.00 WIB. Pengamatan hilal ini sekaligus juga akan menandai berakhirnya puasa tahun ini.

“Secara hakiki tinggi hilal sudah mencapai 8 derajat. Dengan demikian diperkirakan ketinggian hilal akan terlihat secara kasat mata jika tidak tertutup mendung,” kata Koordinator Tim Hisab Rukyah Masjid Agung Jawa Tengah Dr KH Ahmad Izzuddin MAg.

Selama Ramadan, MAJT telah melaksanakan serangkaian kegiatan, antara lain sholat tarawih 20 rakaat dan 3 witir dengan bacaan Alquran 1 juz tiap malamnya. Ada juga kajian rutin yang disampaikan oleh kiai, ulama, dan tokoh-tokoh agama yang mumpuni di bidangnya. (is)

 

19

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan