Sambut Positif ’Jambore Halal’

SEMARANG (Asatu.id) – Sebagai langkah mengoptimalkan program pengembangan produk unggulan, dan meningkatkan mutu produk dari aspek kehalalan dari UMKM di Jawa Tengah, untuk pertama kalinya menghelat “Jambore Halal 2018”

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan, Jambore Halal 2018 digelar selama tiga hari, yaitu pada 5-7 Juni 2018 pukul 09.00-16.00 WIB. Pihaknya membeberkan, pada tahun ini terdapat 494 UMKM yang difasilitasi untuk memperoleh sertifikasi halal.

“Selain itu juga untuk semakin menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat tentang arti penting produksi makanan yang baik dan halal serta memfasilitasi UMKM untuk memperoleh sertifikasi halal,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menambahkan, penyelenggaraan Jambore Halal 2018 sangat bermanfaat kepada warga muslim tentunya. Dalam memberikan kemudahan untuk memperoleh dan mengonsumsi produk halal.

“Ini sesuai firman Allah pada QS Al-Maidah:88 yang berarti makanlah apa yang diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan bertakwalah kepada Allah yang kamu imani. Kami juga berpesan agar produsen senantiasa mempertahankan 3K, yaitu kuantitas, kualitas, dan kontinyuitas serta jaminan halal,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah Ferry Firmawan menyambut baik penyelenggaraan Jambore Halal 2018.

Ferry berharap, Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim dapat memacu ekspor produk-produk halal ke pasar dunia.

“Contohnya Brazil, meski penduduk muslim di Brasil minim, namun negara tersebut dikenal sebagai pengekspor komoditas unggas terbesar ke Timur Tengah,” tukasnya. (is)

 

37

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan