Masih Banyak Bus Sambut Pemudik di Terminal Terboyo

SEMARANG (Asatu.id) – Terminal Terboyo Semarang tahun ini tidak difungsikan sebagai terminal Lebaran untuk menampung pemudik, sehingga Dinas Perhubungan tidak melakukan penataan. Penataan hanya dilakukan di Terminal Mangkang sebagai terminal pengganti

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Muhamad Khadik, menanggapi keluhan beberapa sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) akibat sepinya penumpang.

“Sudah jauh hari kami katakan bahwa Terboyo tidak kami jadikan terminal Lebaran. Bahkan sekarang dalam proses pembongkaran. Nantinya, terminal itu untuk parkir truk dan peti kemas seiring perubahan status menjadi Tipe C,” kata Khadik.

Saat ini masih banyak bus AKDP maupun AKAP yang memanfaatkan Terminal Terboyo untuk mencari penumpang. Pihak Dinas Perhubungan pun tidak mempermasalahkan karena sifatnya hanya sementara, yaitu menyambut pemudik.

“Sebenarnya trayek bus sudah kami pindah ke Terminal Mangkang. Jadi, yang disiapkan untuk pemudik itu ya Terminal Mangkang. Sedangkan Terminal Terboyo tidak. Namun, untuk kebaikan bersama, silakan kalau mau dipakai menyambut pemudik,” katanya.

Mengenai langkah yang akan diambil pihaknya dalam mengantisipasi membludaknya pemudik, Khadik menuturkan bahwa dirinya telah berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Tengah, Satlantas Polrestabes Semarang dan UPTD Terminal Mangkang maupun Penggaron.

Hal-hal yang dikoordinasikan antara lain mengenai kesiapan terminal serta kelaikan jalan bus, khususnya sebagai kendaraan Lebaran. Dishub beserta instansi terkait juga telah melakukan operasi laik jalan di sejumlah terminal.

28

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan