Disperindag Pantau Stok dan Harga Kebutuhan di Sejumlah Swalayan

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah, beberapa hari terakhir ini terus melakukan pengecekan dan pemantauan barang keperluan Lebaran di sejumlah pusat perkulakan modern di Kota Semarang.

Pengecekan dilakukan terhadap barang makanan dan minuman yang biasanya untuk keperluan parsel atau hantaran Lebaran. Cek sampling dilakukan untuk memastikan barang-barang yang akan dikonsumsi tersebut aman bagi masyarakat. Sedang pemantauan dilakukan terkait dengan stok dan harga bahan pokok.

Kepala Disperindag Jateng, M Arif Sambodo mengatakan, pihaknya sengaja meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang yang beredar selama Ramadan dan menjelang Lebaran, khususnya parsel, karena meningkatnya permintaan.

“Petugas kami melakukan pengecekan pada kemasan, label dan kedaluwarsa untuk memastikan barang yang akan dikonsumsi aman bagi masyarakat. Setidaknya memang ada empat tugas pokok yang kami dijalankan, yaitu mengecek stok, mengecek distribusi barang, cek harga serta cek keamanan bahan makakanan,” kata Arif Sambodo.

Pemantauan, pengawasan dan pengecekan dilakukan antara lain di pusat perkulakan modern Lotte Grosir Jalan Brigjen Sudiarto, dan Swalayan ADA Jalan Majapahit. Dari hasil pengecekan acak di Lotte, makanan pada parsel tidak ada yang kadaluwarsa, kaleng kemasan bagus, ada pencantuman label dan sudah ada -SNI-nya.

Begitu juga pengecekan makanan dan minuman pada parsel di Swalayan ADA Majapahit juga tidak ditemukan masalah dan aman untuk dikonsumsi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *