H-3 Lebaran Truk Dilarang Melintas

SEMARANG (Asatu.id) – Tiga hari menjelang dan sesudah Lebaran, angkutan umum truk dilarang melintas di jalan raya, termasuk di jalan tol, baik tol fungsional maupun tol operasional.

Aturan itu diberlakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi kerawanan dan kemacetan lalu lintas saat masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Kepala Biro Operasional Polda Jateng, Kombes Pol Hariyanto mengemukakan, pihak kepolisian dan pihak lain yang terkait juga akan memetakan wilayah rawan kemacetan saat mudik Lebaran, di samping melakukan rekayasa lalu lintas di daerah tertentu.

“Untuk mengantisipasi kerawanan dan mengatasi kemacetan, kami sengaja melakukan langkah-langkah pencegahan. Sekarang juga sedang disiapkan jalan tol fungsional di samping jalan tol operasional yang sudah berjalan. Hal ini bisa mengurasi volume kendaraan yang biasanya menyebabkan kemacetan wilayah pantura,” katanya.

Untuk tol fungsional, menurut Kombes Hariyanto akan diterapkan satu jalur, yakni dari Pemalang sampai Semarang. Sedang dari Brebes sampai Pemalang diberlakukan jalur tol operasional seperti yang sudah terjadi selama ini.

“Tol Semarang-Pemalang secara fungsional sengaja diberlakukan satu jalur untuk mengurangi kamacetan arus mudik. Sedang saat balik tol tersebut ditutup kembali. Meski begitu petugas masih harus mewaspadai kemacetan di tol Krapyak dan Pemalang,” tutur Haryanto. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *