Buka Puasa, 5 Makanan ini Ampuh Pulihkan Energi

SEMARANG (Asatu.id) Energi seseorang saat bulan puasa sering menurun. Hal tersebut karena konsumsi sumber energi hanya diperoleh saat buka dan sahur.

Meski energi menurun, aktivitas harus berjalan seperti biasanya, sehingga mengakibatkan seseorang menjadi mudah lelah.

Dilansir dari hello.sehat, berikut adalah lima makanan buka puasa yang cepat pulihkan energi

1.Kurma 

Buah Kurma memang paling sering dicari saat bulan puasa. Buah berwarna kecoklatan, kecil dan manis ini ternyata memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Terlebih saat dikonsumsi saat buka puasa .

2.Madu 

Cairan seperti sirup yang rasanya manis dan kental ini ternyata bisa digunakan sebagai pengganti gula.Kamu bisa mencampurnya dengan minuman, seperti teh. Makanan yang satu ini juga sudah terbukti banyak sekali manfaatnya, mulai dari mengobati penyakit dan yang lainnya. Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa.

3.Pisang

Pisang merupakan buah yang bisa menyediakan banyak Energi untuk tubuh. Nutrisi tinggi yang terkandung dalam pisang seperti karbohidrat, kalsium, zink, magnesium, fosfor, vitamin C dan juga vitamin B6 akan memberikan banyak efek positif bagi tubuh secara keseluruhan.

Kandungan serat yang tinggi pada Pisang juga membuat tubuh cepat kenyang. Sehingga mampu memulihkan energi tubuh setelah puasa.

4.Ubi Jalar 

Ubi jalar merupakan makanan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah, makaknan ini juga kerap dijadikan sumber makanan pokok.Ubi jalar juga kaya akan antioksidan. Kandungan ini semakin tinggi bila warna ubi jalar semakin pekat.Makanan ini juga dipoercaya cepat pulihkan energi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

5.Apel 

Apel merupakan buah yang rendah kalori. meski begitu apel dapat menghasilkan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Air, vitamin B, kalium, dan zat besi yang terkandung pada apel memengaruhi fungsi jantung dan otot, sehingga membantu memulihkan energi setelah puasa.

Dari kelima makanan tersebut, kalian juga bisa membuat kreasi dengan menggabungkannya. Seperti membuat kolak pisang dengan ubi atau membuat jus apel dengan dicampur madu.

 

 

30

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan