Heru Ajak Pemerintah dan Masyarakat Ciptakan Keamanan saat Ramadan

SEMARANG (Asatu.id) – Segala persiapan tengah dilakukan pemerintah menyambut bulan suci Ramadan tahun ini. Mulai persiapan infrastruktur untuk kelancaran arus mudik dan balik, Operasi pasar yang dilakukan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok di Bulan Ramadan.

Selain itu, pemerintah juga tengah mempersiapkan terkait keamanan, agar umat muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusuk.

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko berencana merevitalisasi keberadaan Forkopimda di tingkat kecamatan serta memperkuat sumber daya manusia di pemerintahan desa hingga rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Hal tersebut dilakukan agar pemerintah dan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan wilayah dari berbagai gangguan saat Lebaran.

“Terlebih saat ini marak teroris. Maka jika RT/ RW lebih dihidupkan maka pelaku teroris juga bisa saja akan lebih mudah diketahui, karena (Ketua) RT/ RW lebih gampang memantau warganya. Termasuk kesejahteraan dan kemiskinan akan diketahui lebih detail kalau RT dan RW diberdayakan,” ujarnya, Kamis (17/5).

Sementara itu, sebelumnya, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menambahkan, aparat kepolisian juga akan meningkatkan pengamanan di simpul-simpul keramaian dari ancaman teroris dan gangguan kejahatan lainnya. Antara lain stasiun, bandara, objek wisata, dan tempat umum lainnya.

Ia melanjutkan, pengamanan akan terus dilakukan pada saat menjelang berbuka puasa, shalat tarawih, bahkan hingga waktu sholat subuh.

Tak hanya itu, Kapolda juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah. Tetap meningkatkan kepekaaan dan kepedulian terhadap lingkungan tinggalnya, serta jika nantinya menemui hal yang mencurigakan bisa melaporkan kepada pihak berwajib.

“Jika masyarakat menemukan yang mencurigakan dan ada yang bersikap asosial bisa dilaporkan ke kita,” pungkasnya. (is)

 

24

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan