Sapta Pesona Gedong Songo, Rangkaian Aksi Sadar Wisata

SEMARANG (Asatu.id) – Lokawisata Candi Gedong Songo menjadi salah satu tempat yang terpilih dalam rangkaian aksi sapta pesona dan sadar wisata yang digagas oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilakukan dengan aksi bersih-bersih dan sosialisasi di halaman pintu masuk Candi Gedong Songo, Sabtu (12/5).

Acara tersebut mengulang kesuksesan kegiatan serupa di beberapa tempat sebelumnya seperti di kawasan Taman Hutan Raya Candi Cetho Kabupaten Karanganyar, Pantai Bandengan Kabupaten Jepara dan Pantai Widuri Kabupaten Pemalang.

Acara yang beragendakan kerja bakti membersihkan lingkungan kawasan wisata dan sosialisasi mengenai sadar wisata dihadiri oleh 200 orang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pedagang dan jasa rekreasi di wilayah tersebut.

Staff bidang destinasi wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Bambang Mudiono, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan penyadaran pada masyarakat di wilayah wisata.

“Untuk mengembangkan destinasi wisata diperlukan kerja sama antara semua pemangku kepentingan,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sangat prihatin terhadap kesadaran pengelola destinsi wisata untuk menjaga kebersihan tempat wisata.

“Seluruh pelaku wisata kan mendapatkan penghasilan dari destinasi wisata tersebut, jika tempat wisata itu nyaman, bersih, aman pasti akan menambah jumlah pengunjung sejalan dengan bertambahnya penghasilan mereka. Untuk itu, kami berusaha mematik kesadaran pelaku wisata agar merawat tempat wisata tersebut,” tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *