Punya Ratusan Potensi Desa Wisata, Pemprov Beri Penguatan

SEMARANG (Asatu.id) – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) punya 400-an potensi desa wisata yang tersebar di beberapa kabupaten/kota. Eksistensi dari potensi yang ada itu, dalam perkembangan pengelolaannya bisa mendapat pengakuan setelah melalui tahapan penilaian oleh pihak terkait. Di luar itu, Jawa Tengah juga punya potensi desa wisata yang dikelola BUMN, di antaranya oleh Perhutani.

Hal itu dikatakan Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Prambudi Trasutrisno, pada acara Dialog Parlemen dengan topik utama “Pengembangan Desa Wisata” di Seruni Lounge Hotel Pandanaran, Senin (30/4).

“Data resmi di kami (Disporapar Jateng) tercatat ada 229 desa wisata, itu yang sudah ada surat keputusannya, dengan eksistensi ke depannya punya potensi mendapat pengakuan. Masih ada ratusan lagi lokasi yang punya potensi untuk menjadi desa wisata.Tentu semua lewat tahapan, seperti pencanangan, penilaian, sampai akhirnya ke tahap pengakuan,” katanya.

Menurut Prambudi, pencanangan sebuah desa wisata bisa dilakukan siapa saja. Tetapi penilaian tentang potensi untuk mendapat predikat desa wisata yang sesuai kriteria, harus dilakukan pihak yang berkompeten, seperti dinas pariwisata di kabupaten/kota atau dinas lain yang didelegasikan pihak provinsi.

“Kami punya komitmen untuk mendukung. Sudah banyak dukungan yang kami lakukan, sesuai peruntukan dan kebutuhannya, atau kondisional di lapangan. Misalnya kita bantu penguatan dari sisi kelembagaannya, seperti dibentuknya lembaga masyarakat seperti kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Lalu penguatan dukungan dari akses perbankan dan lain-lain,” paparnya.

Dukungan penguatan lain, lanjut Prambudi, biasanya pada akses jalan menuju lokasi. Dan yang tidak kalah penting adalah penguatan pada sarana prasarana yang ada di desa wisata itu.

“Akses jalan menuju lokasi sangat penting dan harus mendapat perhatian. Juga dalam hal pengadaan atraksi untuk menarik wisatawan,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *