Pancaroba, Masyarakat Diimbau Waspada Rob dan Ombak Tinggi

SEMARANG (Asatu.id) – Peralihan cuaca yang terjadi saat ini nampaknya harus menjadi perhatian masyarakat di Jawa Tengah, khususnya di garis pantai utara maupun selatan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Kota Semarang, Iis Harmoko mengatakan gelombang air pasang (rob) diperkirakan bakal menerjang wilayah garis Pantai Utara Jawa Tengah hingga akhir Juni 2018 nanti.

“Pemicu tingginya rob salah satunya adanya peralihan cuaca ini. Diprediksi terjangan rob bakal terjadi mulai dari Kota Semarang, Tegal sampai Pekalongan, air naik dari siang sampai malam ,” ujarnya, Selasa (24/4).

Selain rob di garis pantai utara, lanjut Iis, ombak tinggi berpotensi pula melanda perairan Laut Selatan Jawa Tengah.  Dia menerangkan, ketinggian ombak bisa mencapai 4 meter.

“Kami sudah mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat agar mewaspadai naiknya gelombang rob ke pemukiman warga. Dan kami juga sudah memperingatkan warga sekitar pantai selatan terkait potensi gelombang tersebut,” paparnya.

Dengan ombak tinggi tersebut, Iis menambahkan, akan berdampak kepada para nelayan di perairan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta. “Kami menghimbau agar nelayan tidak melaut dulu,” tukasnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *