Dewan Apresiasi Kinerja Koperasi Mitra Tani Mandiri (MTM)

SEMARANG (Asatu.id) – Komisi B DPRD Jateng mengapresiasi kinerja Koperasi Mitra Tani Mandiri (MTM) Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Blora. Hal tersebut dikarenakan, koperasi dinilai mampu menjadi koperasi unggulan di Blora. Selain itu, Koperasi MTM juga mampu mendukung program pemerintah dengan menyalurkan Kartu Tani.

Ketua Komisi B DPRD Jateng, Yudi Sancoyo mengatakan, untuk menambah kinerja agar lebih baik, pengurus koperasi bisa mengadopsi strategi kewirausahaan seperti keterjangkauan, kreativitas, dan teknologi.

“Komisi tetap akan mendukungan apabila ananyinya Koperasi MTM membutuhkan bantuan. Seperti, penyaluran pupuk dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, dewan juga meminta agar koperasi selalu memperkuat ‘fondasi’ atau permodalan. Dewan menilai manajemen keuangan itu harus selalu sehat agar kinerja koperasi dapat terus berjalan dengan baik.

Sementara, Anggota Komisi B DPRD Jateng Ikhsan Mustofa menambahkan, koperasi juga harus memperhatikan non performing loans (NPL) atau kredit macetnya.

“Soalnya, banyak contoh dari sejumlah koperasi yang kinerjanya terus menanjak tapi manajemen keuangan lemah sehingga lambat laun menurun dan jatuh,” imbuhnya.

Pada 2016 jumlah anggota aktif di Koperasi MTM sebanyak 111 orang dan yang pasif sebanyak 1.856 orang. Sedangkan pada 2017, jumlah anggota aktif 115 orang dan yang pasif 2.044 orang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *