Sosok “Kartini” Muncul di Mana-mana

SEMARANG (Asatu.id) – Tanggal 21 April ini, kita melihat banyak orang dengan penampilan yang lain dari biasanya. Terutama sosok perempuan, hari ini banyak yang mengenakan pakaian adat. Berkebaya mengenakan kain dengan rambut disanggul.

Sabtu ini memang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Sosok Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi. Demi mengenang sosok Kartini itulah, di beberapa kantor para karyawan tampak memakai pakaian adat.
Begitu juga suasana di sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA/SMK. Semua siswa diwajibkan mengenakan pakaian adat.

Di SD Negeri 01 Sawah Besar, misalnya. Semua siswa dan guru serta staf pegawai lainnya tampil dengan pakaian adat. Suasananya tampak meriah. Ada beberapa lomba yang digelar, baik untuk para siswa maupun guru di sekolah itu.

“Peringatan Hari Kartini tahun ini kami meriahkan dengan lomba keluwesan yang diikuti para guru, mading kelas, fashion show, K3 antar-kelas dan pentas musik,” kata Kepala Sekolah, Lenggang Wahyu Ujianti, didampingi Ketua Komite Sekolah, Mulyadi.

Keberadaan komite sekolah di SD Negeri 01 Sawah Besar memang diberdayakan dan berperan maksimal. Seperti kegiatan kartinian ini juga atas peran besar komite sekolah.

“Bahkan komite sekolah menjadi panitianya. Hubungan sekolah dengan orang tua siswa juga sangat baik karena peran komite sekolah yang menjembatani, seperti lewat lomba-lomba kali ini. Kegiatan sekolah tambah banyak,” tutur Lenggang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *