Hendi akan Jadikan Makam Ki Ageng Pandanaran sebagai Destinasi Wisata Religi

SEMARANG (Asatu.id) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi akan menjadikan kompleks makam Ki Ageng Pandanaran di Kelurahan Mugasari, Kecamatan Semarang sebagai destinasi wisata religi. Jika diperlukan, pembenahan dan perbaikan akan dilakukan untuk menunjang sarana dan prasarana di area makam.

Rencana tersebut dilontarkan Hendi, panggilan akrab walikota, saat memberi sambutan pada acara ziarah dan doa bersama di makam Ki Ageng Pandanaran, Rabu (4/4) malam. Acara itu sebagai rangkaian kegiatan hari ulang tahun (HUT) ke-471 Kota Semarang tahun 2018.

“Saya mendapat laporan dari pengelola makam ini bahwa hampir setiap hari ada peziarah maupun pengunjung yang datang ke kompleks makam ini. Tidak hanya dari masyarakat Semarang saja, tetapi juga banyak pengunjung dari luar kota. Untuk itu tempat ini layak menjadi salah satu tujuan wisata reliji di Kota Semarang,” kata Hendi.

Menurut Hendi, pihaknya mendapat laporan, setiap hari setidaknya ada 100 sampai 200 peziarah yang datang di makam salah satu Sunan pendiri Kota Semarang itu.

“Bahkan kalau hari-hari tertentu jumlah pengunjung lebih banyak lagi, khususnya malam Jumat Kliwon. Masjid di depan makam setiap salat Jumat juga dipenuhi jamaah,” tambahnya.

Ikut hadir dalam acara ziarah dan doa bersama itu Wakil Walikota Hevearita Gunaryanti Rahayu, Dandim Semarang Kolonel Inf M Taufik Zega, Wakapolrestabes Semarang, para Kepala Dinas, Camat dan Lurah se-Kota Semarang serta masyarakat umum. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *