Diputus Tak Bersalah, 73 TKI Jateng Dipulangkan

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng, Wika Bintang mengatakan, puluhan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Tengah yang sudah berbulan-bulan tertahan Imigrasi Malaka akan  kembali ke kampung halamannya.

Hal tersebut menyusul dinyatakannya putusan bebas bersyarat dalam kasus penempatan kerja di Malaysia. Hakim pengadilan Imigrasi Malaka menyatakan telah memutus 73 TKI itu tak bersalah.

Hakim menilai Permit of Work yang dikeluarkan PJTKI asal Jateng dinyatakan keliru yang pada akhirnya membuat para TKI tidak bisa melanjutkan pekerjaannya di sana dan tertahan di Imigrasi Malaka.

“Mereka akan diterbangkan dengan pesawat Lion Air bernomor lambung JT 516 dan JT 512 dari Kuala Lumpur lalu transit Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, lalu tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani pada Sabtu pagi,” ujarnya, Jumat (30/3).

Wika menambahkan, pemulangan para TKI terbagi menjadi 3 kloter keberangkatan pesawat. Kloter pertama membawa sembilan TKI dijadwalkan mendarat ke Bandara Ahmad Yani pukul 08.30 WIB pagi.

“Kloter kedua membawa 22 TKI pada sore harinya pukul 15.50 WIB. Kemudian kloter ketiga tiba pukul 16.30 WIB sore membawa 42 TKI,” imbuhnya.

Terkait sebanyak 23 TKI yang memiliki izin yang tak melanggar aturan penempatan kerja, Wika menyebutkan kesemuannya juga ingin ikut pulang.

“Mereka semua minta pulang, untuk alasannya bisa ditanyakan langsung besok ke orangnya sendiri,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku sudah menghubungi pihak keluarga masing masing TKI agar dilakukan penjemputan. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *