PT Komatsu Minati Lulusan SMK Jateng

SEMARANG (Asatu.id) – Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara PT Komatsu Undercarriage Indonesia dengan SMK Negeri Jateng yang diwakili Kepala Sekolah SMK Negeri Jateng, Yudi Wibowo digelar di Aula Lantai 2 SMK Negeri Jateng.

Presiden Direktur PT Komatsu Undercarriage Indonesia, Jamalludin menyatakan, pihaknya merekrut lulusan siswa yang siap kerja dan siap mental. Karena karakter lulusan dari SMK Negeri Jateng dianggap sudah mumpuni.

“Tahun lalu kami sudah merekrut 40 siswa perdana yang kami anggap sudah mumpuni, karakternya pas, jadi kita tinggal mengisi,” ujar Jamalludin.

Sementara itu untuk tahun kedua ini, pihaknya masuk kembali dalam program Link and Match, nantinya industri membutuhkan apa, dari pendidikan menyiapkan apa, sehingga nyambung sesuai permintaan yang ada di industri.

Jamalludin mengatakan, di samping waktu siswa harus siap dari dasar dalam memasuki dunia kerja. Karena teori saja tidak cukup. “Kita menyiapkan areal untuk siswa kerja praktek, kita menyiapkan instruktur untuk melakukan pengajaran di sini. Kita juga mengundang para guru di sini agar tahu kebutuhan industri seperti apa,” ungkapnya, Rabu (21/3).

Sementara itu saat pengarahan kepada siswa, Jamalludin menyatakan agar para siswa bisa membina karakter dengan baik. Karena siswa yang sudah bekerja di sana berkarakter baik sehingga bisa bekerja dengan baik pula. “Jangan sampai kakak-kakakmu di sana malu dengan kalian. Mereka sudah cukup membanggakan,” kata Jamalludin di hadapan para siswa.

Jamalludin mengaku lebih memilih SMK Negeri Jateng untuk direkrut, karena apa yang diajarkan kepada siswa nyambung atau sesuai dengan pekerjaan. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *