Wayang Suket Wadah Kreativitas Anak Kampung Jatiwayang

SEMARANG (Asatu.id) – Warga Kampung Jatiwayang, RT.6 RW.III, Kelurahan Ngemplak Simongan telah menggelar workshop pembuatan wayang suket untuk anak-anak, Minggu (18/3).

Ketua RT6, Waris Sutriyono mengatakan, workshop ini diadakan dalam rangka menyambut helatan akbar yang akan dimeriahkan oleh Wayang Tenda dalam waktu dekat ini.

“Kegiatan ini kami gelar supaya anak-anak terwadahi secara kreativitas mereka. Selain itu, kami juga ingin supaya acara nanti dipersiapkan secara matang oleh warga, dimulai dengan kegiatan ini,” katanya.

Waris mengaku, kegiatan semacam ini baru kali pertama digelar di wilayahnya. Bagi dia, hal ini sangat bagus mengingat kebutuhan anak-anak dalam mengenal kebudayaan jawa yang penuh dengan unggah-ungguh.

“Kami ingin supaya anak-anak terwadahi. Selain itu, lewat workshop tersebut, kami bisa mengakomodir potensi mereka sejak dini, sehingga dapat diarahkan. Dari pada, nanti mereka beranjak dewasa tidak terkontrol,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, warga sangat mendukung kegiatan yang membangun moral dan karakter anak. Bagi dia, bagaimanapun caranya, anak-anak perlu dipantau secara intensif, salah satunya dengan kegiatan-kegiatan bernuansa tradisi dan budaya.

Sementara itu, Penggerak Wayanggaga, Surya Cahyono, mengaku senang dapat terlibat dalam kegiatan di kampung.

“Anak-anak di jaman sekarang memang membutuhkan perhatian ekstra. Tentunya, dengan metode yang cair dan lunak kepada anak-anak,” tandasnya. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *