Menteri Perikanan akan Beri Kapal Nelayan Semarang

SEMARANG (Asatu.id) Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, I Gusti Made Agung mengatakan terkait pengajuan kapal kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah ditindak lanjuti oleh Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

“Kemarin waktu Bu Susi Menteri KKP datang ke Semarang meminta untuk mengumpulkan 50 nelayan, buat tiga kelompok, akan dibantu kapal yang berkapasitas 50 gross tonage (GT),” ungkap Made, Minggu (18/3).

Dengan kapasitas kapal sebesar itu, lanjut dia, berarti kapal bisa melaut sampai 2-3 minggu dan pulang membawa puluhan ton hasil tangkapan, kemudian disampaikannya pada para nelayan.

“Ternyata, nelayan di Semarang ini tidak sanggup berlayar sampai selama itu. Mereka lebih suka berangkat pagi pulang malam atau berangkat malam pulang pagi. Tidak berlama-lama melaut,” tambahnya.

Akhirnya, kata dia, Dinas Perikanan Kota Semarang mengajukan bantuan kapal yang berkapasitas kecil sekitar 10 GT yang ternyata disetujui, tetapi salah satu persyaratannya harus memiliki koperasi.

“Sekarang ini pihaknya sudah mendorong proses pembentukan koperasi. Rencananya, nanti akan ada dua koperasi di Tugu dan Mangunharjo. Proposalnya juga sudah masuk ke kementerian,” tukasnya. (is)

 

Asatu.id, semarang, KKP, dinas perikanan, I Gusti Made Agung, nelayan

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *