Mudahkan Urus BPKB, Polda Jateng Luncurkan Aplikasi ‘Si Bejo’

SEMARANG (Asatu.id)  – Masyarakat Jawa Tengah (Jateng)  kini dimudahkan dalam mengurus kepemilikan kendaraan bermotor. Dengan menggunakan fasilitas internet, mereka bisa mengurus melalui “Sistem Informasi BPKB Jateng Online (Si Bejo)”. Peluncuran Si Bejo ini dilakukan Polda Jateng, Minggu (11/3).

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan penerapan sisten aplikasi si Bejo ini akan memudahkan masyarakat dan mempercepat pengurusan BPKB.

Dia menjelaskan BPKB sebagai sertifikat atas hak kepemilikan kendaraan sangat penting keberadaannya. Dokumen ini perlu dimiliki para pemilik kendaraan sebagai bukti keabsahan atau legalitas atas kendaraannya.

Di sisi lain, menurut Kapolda, pengurusan BPKB sering terkendala masalah domisili pemilik dan lokasi pembelian yang berlainan. “Kadang dealer berada di Semarang, sedangkan pembelinya dari luar daerah. Sementara mobilitas membutuhkan waktu,” katanya.

Program terobosan Polda Jateng ini, paparnya, telah mendapat dukungan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Masyarakat yang membeli kendaraan sekarang ini tidak terganjal masalah panjangnya birokrasi untuk mengurus kepemilikan BPKB.

“Pembeli kendaraan bisa langsung mengurus BPKB di masing-masing polres. Pemilik yang ingin memutasi kendaraan tidak perlu kembali ke daerah asal kendaraan untuk cek fisik. Pemilik cukup mengunduh aaplikasi Si Bejo lewat  telepon pintar.Sistem informasi ini juga bisa diakses melalui laman www.bpkb-jateng.net,” ujarnya.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *