Jelang Lebaran 2018, Jalan di Jateng Ditarget Tak Berlubang

SEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan jelang Hari Raya Lebaran 2018 nanti, seluruh ruas jalan di Provinsi Jateng tidak akan berlubang lagi. Hal tersebut disampaikan Hanung Triyono, Plt Kepala Dinas Bina Marga dalam acara talk show prime topik di Hotel Noormans, Senin (5/3).

Hanung menerangkan, saat ini pihaknya sedang mengebut perbaikan sejumlah jalan di beberapa daerah, mulai Brebes, Pantura, lingkar selatan. Dirinya menargetkan pada April atau saat Lebaran tiba, semua ruas jalan provinsi Jateng sudah akan mulus.

“Pekerjaaan betonisasi sepanjang 567,6 kilometer. Selain itu, telah ada oberlay serta pelebaran sepanjang 1001,6 kilometer. Sehingga total 1570 kilometer jalan provinsi telah ditingkatkan. Panjangnya senilai 65 persen dari total jalan provinsi yang jadi target RPJMD,” ujarnya.

Terkait dengan kendala, selain cuaca, ia menerangkan, banyaknya jalan yang untuk pemanfaatan lahan parkir dan tempat berjualan pedagang kaki lima, membuat perbaikan jalan terganggu.

“Kami juga mengamati selama lima tahun terakhir beban jalan sudah overload sampai 80 ton. Seharusnya kan hanya 20 ton. Makanya, untuk berberapa ruas jalan sudah ditingkatkan. Terutama pada posisi aspal lama wilayah Solo, Gemolong dan Purwodadi,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Jateng, Muhammad Ngainirichadl mendorong Pemprov Jateng untuk segera dalam melakukan perbaikan jalan di provinsi ini, terutama di jalan jalan yang sering dilewati masyarakat.

“Seperti jalan Rembang ke Semarang, Semarang ke Pekalongan kan masih banyak yang bergelombang. Itu maka harus segera diperbaiki,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa setiap pembangunan jalan akan diikuti anggaran pemeliharan. “Di Bina Marga Provinsi sudah ada alokasi anggaran untuk perbaikan jalan. Jadi kalau akan melakukan pemeliharaan tidak harus menunggu perubahan anggaran dan sistem penganggaran kembali,” tukasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *