Gali Historis Kota Lama, BPK2L Libatkan Ahli Sejarah Belanda

SEMARANG (Asatu.id) – Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Kota Semarang berencana akan melibatkan ahli-ahli sejarah dari Belanda. Upaya ini dilakukan untuk menelisik lebih dalam catatan sejarah Kota Lama Semarang, Senin (5/3).

Kepala BPK2L sekaligus Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan  dengan melibatkan ahli sejarah dari Belanda ini akan lebih menyempurnakan dan menguak sisi sejarah sebenarnya dari Kota Lama Semarang.

Selain akan diberikan arsip sejarah Kawasan Kota Lama Semarang, Mbak Ita sapaan akrabnya menuturkan,  dua ahli tersebut juga terlibat secara langsung dalam penyusunan kembali dokumen negara yang menceritakan sebenar-benarnya rahasia sejarah dibalik bangunan-bangunan kuno di Kota Lama Semarang.

“Kalau arsip secara paralel, sekarang sudah berbasis IT, kita butuh dikirim lewat email. Tapi sekarang penyusunan sudah berjalan. Sekitar bulan Maret, akan ada ahli-ahli dari Belanda untuk membantu pendampingan,” ujarnya.

Mbak Ita mengatakan, dengan dilibatkannya ilmuwan-ilmuwan sejarah dari Belanda, sejarah termasuk perjalanan jalur perdagangan rempah-rempah dan gula yang sampai saat ini menjadi rahasia akan menjadi terkuak.

“Karena kami mempunyai kebutuhan-kebutuhan historis dari sisi sejarah, bagaimana dari jalur rempah atau gula yang jaman dulu menjadi sejarah bermakna Kawasan Kota Lama,” ungkapnya. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *