Kirab Merah Putih Kobarkan Semangat Jiwa Bangsa

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Kota Semarang telah mengelar Kirab Merah Putih di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, Kamis (1/2). Kirab Merah Putih ini diikuti oleh pelajar Kota Semarang, Anggota Paskibraka, Satpol PP, KNPI Kota Semarang, Banser dan Arhanudse 15.

Mereka pawai dengan berjalan kaki melewati rute start dari Jalan Duku, Kelurahan Lamper Kidul, Jalan Tentara Pelajar, Jalan MT Haryono, Jalan A Yani dan finish di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Kemudian dilakukan upacara serah terima bendera Merah Putih oleh peserta kirab kepada KH Muhammad Masroni, Pengasuh Ponpes Gunung Jati Ba’alawy Malon Gunungpati untuk diserahkan kepada Wali Kota Semrang, Hendrar Prihadi selaku pemimpin upacara.

Dalam sambutannya, Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini menegaskan arti pentingnya rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bung Karno dalam pidatonya berjudul “Jas Merah”. Jangan sekali-kali melupakan sejarah, terutama terhadap pahlawan yang berjasa berjuang mengusir penjajah demi meraih kemerdekaan Indonesia. Mudah-mudahkan Kirab Merah Putih ini dapat mengobarkan semangat membangun jiwa bangsa,” ujarnya.

Hendi menambahkan, Kirab Merah Putih ini sekaligus untuk memperingati haul pejuang Kota Semarang, Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya. Maka, janganlah sampai ada sejarah perjuangan yang terlewatkan dari catatan kita, termasuk sejarah yang ditorehkan oleh Habib Hasan yang juga dikenal dengan julukan Singo Barong ini.

“Kita tahu, di Jalan Duku, disana dimakamkan, Habib Hasan, Bin Thoha Bin Muhammad Bin Yahya. Seorang ulama besar pejuang bangsa, yang rela berkorban untuk kemerdekaan kita semua. Sebagai seorang pahlawan, Habib Hasan sendiri mempunyai julukan “Singo Barong” karena dikenal garang dalam melawan penjajah,” ungkapnya.

Dalam acara ini hadir pula  dalam upacara Kapolrestabes Kota Semarang, Dandim Kolonel Inf Taufik Zega, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Sekda Kota Semarang Agus Triyanto, Kepala DPRD Kota Semarang Supriyadi dan para Kepala OPD Kota Semarang. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *