Dispendukcapil Tegaskan Suket Bisa untuk Buka Rekening Bank

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang menerangkan surat keterangan (Suket) pengganti sementara KTP elektronik (e-KTP) bisa dimanfaatkan sebagaimana fungsi e-KTP. Salah satunya termasuk untuk membuka rekening di perbankan.

Hal itu ditegaskan Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Adi Trihananto, sehubungan dengan munculnya berita mengenai Surat Keterangan (Suket) pengganti sementara KTP elektronik (e-KTP) yang dikeluhkan oleh beberapa warga di Kota Semarang karena ternyata tidak bisa digunakan untuk membuka rekening di bank.

Menurut Adi, Suket bisa untuk membuka rekening. Kalau ada bank yang menolak Suket masyarakat diminta untuk segera melaporkanya ke Dispendukcapil.

”Suket bisa untuk membuka rekening, kalau ada bukti bank menolak Suket, berikan bukti kepada kami, gantian tak blokir data kependudukannya (untuk perbankan), beres, enak saja sudah, soalnya posisinya kan saya salah terus,’’ kata Adi Trihananto, Rabu (28/2).

Dia menjelaskan, Suket dapat untuk membuka rekening karena sudah tercantum Nomer Induk Kependudukan (NIK) orang bersangkutan yang sudah perekaman. Inti dari e-KTP juga adalah NIK tersebut.

Suket bisa dilayani untuk keperluan apapun karena sudah ada NIK. Problemnya hanya orang bersangkutan belum menerima kartu e-KTP, tapi datanya sudah masuk dari perekaman.

‘’Waktu Rakornas di Batam Kepulauan Riau juga ada yang menyampaikan hal sama (Suket tidak diterima bank), langsung Dirjen Adminduk mengatakan berikan saya bukti,’’ katanya.

Suket bisa digunakan pengurusan di bank, lanjutnya, karena sudah ada 800 lebih lembaga yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam pemanfaatan data administrasi kependudukan (adminduk), termasuk juga TNI dan Polri. (udins)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *