Mukernas PMI 2018 : Pelembagaan Undang Undang Kepalangmerahan

Mukernas PMI 2018 : Pelembagaan Undang Undang KepalangmerahanJAKARTA (asatu.id) – Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) Tahun 2018 dengan tema “Pelembagaan Undang-undang Kepalangmerahan” yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Sekaligus Ketua Umum PMI, H.M Jusuf Kalla, didampingi Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita dan Sekjen PMI, Ritola Tasmaya,  yang diikuti sebanyak 180 Peserta dari 34 PMI Provinsi di Indonesiav, digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta (18/02).

Salah satu agenda penting dalam Mukernas PMI Kali ini adalah mengenai sosialisasi UU No.1 Tahun 2018, mengenai Kepalangmerahan. RUU Kepalangmerahan akhirnya disahkan oleh DPR pada 11 Desember 2017, menjadi UU Kepalangmerahan.

Menurut Ketua Pelaksana Mukernas 2018, H. Sasongko Tedjo, SE, MM menjelaskan, Mukernas kali ini merupakan Mukernas dengan adanya sesuatu yang baru di PMI dengan pengesahan UU Kepalangmerahan.

Dengan adanya UU Kepalangmerahan ini, tentunya petugas PMI yang di Daerah Bencana maupun konflik dapat terlindungi dengan baik dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

“Selain itu, dengan adanya UU ini, diharapkan PMI tetap menjadi perhimpunan nasional yang lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan kepada masyarakat di seluruh Indonesia,” jelas Sasongko.

UU Kepalangmerahan ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara ke 170 yang perhimpunan nasionalnya memiliki UU, setelah sebelumnya bersama Laos menjadi negara yang belum memiliki UU.

Selain membahas masalah sosialisasi UU Kepalangmerahan, perlu juga membahas rencana kerja PMI tahun 2018, serta mengevaluasi kinerja PMI ditahun 2017 dan membahas Anggaran Dasar dan Rumah Tangga PMI yang disempurnakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *