Semarang Masuk Kategori Tiga Kota Layak Huni 2017

SEMARANG (Asatu.id) –  Data dari Most Livable City Index 2017 (Indeks Kota Paling Layak Huni 2017) yang dirilis oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia, ada tiga kota metropolitan yang dianggap paling layak huni di Indonesia. Yakni Kota Semarang, Kota Denpasar, dan Kota Palembang.

Dalam rilis tersebut, IAP setidaknya menyebutkan ada tujuh kota paling layak huni di Indonesia, yaitu Solo dengan indeks layak huni sebesar 66,9%, Palembang 66,6%, Balikpapan 65,8%, Denpasar 65,5%, Tangerang Selatan 65,4%, Semarang : 65,4% %, dan Banjarmasin : 65,1%.

Pada data rilis Most Livable City Indeks (Indeks Kota Paling Layak Huni) 2014, Kota Semarang hanya berada pada peringkat ke-5 sebagai kota metropolitan paling layak huni.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan pencapaian tersebut merupakan hal positif bagi Kota Semarang.

“Beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang seperti menggratiskan sejumlah fasilitas untuk meringankan beban masyarakat, seperti berobat gratis, sokolah gratis, hingga rekreasi gratis, penyediaan air bersih, ketersediaan angkutan umum, Ruang Terbuka Hijau (RTH), ketersediaan fasilitas penyandang difabel, dan seterusnya” ujarnya, Selasa (6/2).

Terkait kebutuhan transportasi, Pemerintah Kota Semarang di bawah kepemimpinan Hendi telah menyediakan enam koridor BRT Trans Semarang. Dan bahkan di tahun ini Hendi bersiap untuk menambah satu koridor BRT, serta Bus Sekolah Gratis khusus pelajar. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *