Harga Beras di 3 Daerah Jateng Masih Tinggi

SEMARANG (Asatu.id) – Harga beras di beberapa daerah Jawa Tengah masih terbilang tinggi. Hal tersebut karena permintaan masyarakat akan beras masih tinggi dibanding keteraediaan stok beras.

Kepala Perum Bulog Divre Jateng Djoni Nur Ashari mengaatkan beberapa daerah Jateng harga beras masih tinggi, yakni di Kabupaten Banyumas, Purwokerto serta Cilacap.

Harga beras diketiga daerah tersebut masih terbilang masih diatas harga eceran tertinggi (HET) yang sudah pemerintah terapkan.

“Kami terus berupaya untuk menekan harga beras di daerah-daerah tersebut dengan operasi pasar. Dimana beras medium masih berkisar Rp10.450 hingga Rp11.200,” ujarnya usai acara prime topic di Hotel Grasia Semarang,Senin (29/1).

Namun, Djoni menambahkan, di beberapa pasar di daerah seperti Solo Semarang Demak harga beras mulai berangsur angsur normal sesuai dengan HET.

“Di Pasar Peterongan harganya sudah mendekati HET. Pasar Pagi Tegal juga sudah sama,” imbuhnya.

Pihaknya menerangkan, harga beras akan kembali normal beriringan dengan panen raya di beberapa tempat. Bulog Divre Jateng memerkirakan pada pertengahan Februari nanti harga beras Jateng di 35 Kabupaten/Kota semuanya sudah kembali normal.

“Jawa Tengah akan mengalami panen raya pada pertengahan Februari. Harapannya dengan itu, harga beras kembali stabil,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi B Jateng Ahsin Makruf menambahkan, pemerintah harus kembali mengevaluasi data terkait produksi beras dan konsumsi beras di Jawa Tengah. Menurutnya, data saat ini masih kurang relevan.

Menurutnya, sebenarnya pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk menstabilkan harga beras. Mulai dari percepatan masa panen, penambahan perluasan lahan, sampai pengawasan yang lebih intensif mengenai dugaan penimbunan beras melalui satgas pangan.

“Beberapa program pemerintah cukup luar biasa membantu petani. Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa potensi panen yang besar serta dukungan pemerintah masih ada daerah yang kekurangan beras dan menyebabkan harga mahal,” tukasnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *