Bambang Sadono Gelorakan Sastrawan Muda Lewat Lomba Baca Puisi

SEMARANG (Asatu.id) – Untuk memunculkan talenta-talenta berbakat penyair muda di Jateng, Bambang Sadono berencana menggelar lomba baca puisi tingkat Jawa Tengah.

Bambang menambahkan, lomba baca puisi tersebut bersifat umum dengan usia antara 15-25 tahun. Peserta bisa mendaftar di sekretariat tiap kabupaten/kota masing-masing pada 25 Januari-25 Februari 2018.

Ia menerangkan, lomba baca puisi yang diberi nama “Baca Puisi Piala Bambang Sadono” itu dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama seleksi tingkat kabupaten /kota pada Februari-Desember 2018. Tahap kedua, yaitu final tingkat Jawa Tengah akan diselenggarakan pada Januari 2019.

“Nanti Semarang juga akan dibuka pendaftaran dan seleksi bagi warga yang berbeda KTP luar Semarang. Targetnya sekitar 3.500 peserta, tiap daerah akan dipilih tiga terbaik dan akan ikut final di Semarang. Jadi finalnya di Semarang dan dihadiri 105 peserta,” ujarnya di sekretariat DPD Jateng, Kamis (25/1).

Untuk hadiahnya juga terbilang menarik. Juara pertama mendapat hadiah Rp 10 juta, juara dua Rp 7,5 juta, juara tiga Rp 5 juta, dan 10 juara harapan mendapat Rp 2,5 juta.

Sementara, salah satu juri, Handry TM, menyebutkan, ada beberapa aspek yang akan dilakukan penilaian dalam lomba, yakni, aspek ada penampilan, kekuatan vokal, dan penafsiran.

“Dalam seleksi nanti peserta wajib membawakan satu puisi karya Bambang Sadono yang ada dalam buku kumpulan sajak puisi Sumpah Setyaki. Dua puisi lainnya bebas,” katanya. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *