Presiden Jokowi Serahkan 705.194 Sertifikat Hak Atas Tanah

SEMARANG (asatu.id) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyaksikan secara serentak penyerahan 705.194 sertifikat hak atas tanah di lima provinsi di Indonesia, yakni Padang  (Sumatera Barat), Bengkulu, Yogyakarta, Bau-Bau (Sulawesi Tenggara), dan Jawa Tengah.

Penyerahan sertifikat hak atas tanah empat provinsi disaksikan Presiden Jokowi melalui video conference. Sedangkan sebanyak 10.350 sertifikat hak atas tanah untuk provinsi Jawa Tengah diserahkan oleh Presiden Jokowi di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, (23/12).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mendampingi Presiden Jokowi dalam menyerahkan ribuan sertifikat tersebut.

Ribuan sertifikat hak atas tanah diserahkan untuk enam kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, dan Kota Salatiga.

Presiden Jokowi meminta BPN seluruh Indonesia agar secepatnya melakukan penyerahan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan tahun ini harus target 5 juta sertifikat yang dibagikan. Tahun 2018 target 7 juta serrtifikat, tahun 2019 target 9 juta sertifikat dan tahun selanjutnya 10 juta sertifikat.

“Saya tahu seluruh pegawai BPN bekerja pagi siang malam untuk menyelesaikan target yang saya tentukan, dan saya tidak mau ditawar karena rakyat menunggu,“ tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga meminta masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat untuk menyimpannya dengan baik. Jika masyarakat ingin menggunakan jaminan ke Bank, dia meminta untuk kredit produktif, bukan konsumtif.

“Saya tahu, kalau sudah pegang sertifikat pasti inginnya diagunkan ke bank. Kalau mau diagunkan silakan. Hanya saya kalau mau dipakai jaminan bank, tolong dihitung dulu bisa mencicil setiap bulan ndak. Kalau tidak sebaiknya jangan. Gunakanlah untuk hal produktif, modal kerja, investasi agar usaha menjadi baik,” kata Jokowi.

Sementara itu, penyerahan sertifikat hak atas tanah di Padang, Sumatera Barat dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Yogyakarta dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Bengkulu dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Bau-Bau, Sulawesi Tenggara dihadiri Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. (Riska Fara)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *